Asal Usul dan Silsilah Aji Pati Pangeran Agung

Thursday, October 20, 2016

IDENTIFIKASI MERIAM/CANNON BENTENG/FORT TATAS- VERSI LKS2B.

Setelah riset beberapa pekan, akhirnya kami dari Lembaga Kajian Sejarah, Sosial dan Budaya (LKS2B) Kalimantan bisa merilis hasil temuan kami tentang meriam/cannon di sekitar Situs Benteng Tatas/Fort Tatas, yang ditemukan Agustus 2016 lalu. Dasar pertama kami adalah penelitian fisik dari "artefak" meriam untuk menentukan spesifikasinya. Ditemukannya tanda (marks) pada dudukan meriam (trumions) di wilayah Situs Benteng/Fort Tatas menjadi dasar utama identifikasi.

• Pada sisi (band) kanan bertuliskan “12-P” pada bagian atas dan kode “11-8” pada bagian bawah. Marks/tanda yang bertuliskan “12-P” pada meriam menunjukkan ukuran berat (bobot) peluru, yang biasanya dalam ukuran pound Belanda, artinya meriam tersebut bobot pelurunya 12 pound (5.45 kilogram). Ukuran peluru yang cukup besar pada masa Hindia Belanda. Sementara marks/kode “11-8” kemung-kinan menunjukkan bulan dan tanggal pembuatan meriam.
• Kemudian terdapat tanda (marks) pada dudukan meriam (trumions) sisi (band) kiri yang terdiri dari tiga marks. Paling atas (tidak bisa terbaca lagi karena rusak) bertuliskan no. registrasi pembuatan meriam, Kemudian bagian tengah bertuliskan “Carron” sebagai marks/tanda pabrik yang memperoduksi meriam dan kepemilikan dan bagian bawah bertuliskan angka tahun 1787 yang menunjukkan tahun produksi dari meriam tersebut.
• The Carron Company merupakan pabrik besi yang didirikan pada 1759 di tepi Sungai Carron dekat Falkirk, di Stirlingshire, Skotlandia. Perusahaan ini sangat berperan pada Revolusi Industri di Inggris. Perusahan ini didirikan oleh John Roebuck, William Cadell, Samuel Garbett dan William Caddell.
• Ciri ciri tersebut seperti dikemukakan Brinck yang mengidentifikasi tentang tanda/marks pada Dutch Auxiliary Maritime Forces abad 17 dan 18 yang dipublikasikan dalam Journal of the Ordnance Society, 2005, memperkuat asumsi bahwa meriam tersebut adalah ciri umum pada meriam (cannon) yang dipakai pada masa VOC (Vereenigde Oost Indische Compagnie) tahun 1602-1800. 
• Terdapat tanda (marks) pada bagian breech (belakang) dekat touchhole, sayang tidak terbaca karena kondisi tulisannya rusak.
Jadi kesimpulan kami untuk model meriam (cannon) yang ditemu-kan di (Situs) Fort/Benteng Tatas meriam (cannon) tersebut adalah jenis meriam/cannon CARRON dengan berat peluru 12 pdr/ pounder. Ukuran meriam/ cannon adalah 12 caliber. Diproduksi Pabrik Besi Carron Company, Skotlandia yang dibeli oleh Perusahaan Dagang Belanda (VOC/Vereenigde Oost Indische Conpagnie), terbuat dari bahan c-I atau cast iron (besi tempa), diproduksi tahun 1787. Wassalam.


Tahapan Heuristik Dalam Proses Identifikasi Tipologi Meriam/Cannon